Rabu, 27 Juli 2011

LATIHAN


Latihan adalah Proses yang sistematis dari berlatih, atau bekrja secara berulang-ulang, kian hari menambah jumlah beban latihan atau pekerjaannya.
Pinsip-Prinsip Latihan:
  1. Latihan harus sepanjang tahun tanpa terseling ( prinsip kontinuitas dalam latihan)
sifat adaptasi atlet terhadap beban latihan yang di terima labil dan sementara, maka untuk mencapai mutu prestasi maksimal, perlu adanya beban latihan sepanjang tahun terus menerus secara teratur, terarah, dan kontinyu.

  1. Kenaikan beban latihan yang teratur
Latihan makin lama makin meningkat beratnya, tetapi kenaikan beban latihan harus sedikit demi sedikit, untuk menjaga agar tidak terjadi over training dan proses adaptasi atlet terhadap loading akan terjamin keteraturannya.

  1. Individual (Perorangan atlet)
Setiap atlet sebagai manusia yang terdiri dari jiwa dan raga pasti berbeda-besa dalam segi fisik, mental, watak, dan tingkatan kemampuannya.

  1. Interval
Prinsip interval sangat penting dalam rencana latihan yang berguna untuk pemulihan fisik dan mental atlet dalam menjalankan latihan.

  1. Prinsip stress ( Penekanan )
Latihan harus mengakibatkan penekanan fisik dan mental atlet.

  1. Prinsip spesialisasi ( spesifik )
Latihan harus memiliki ciri dan bentuk yang khas sesuai cabang olahraga, dengan demikian sesuai sifat dan tuntunan tiap-tiap cabang olahraga yang selalu berbeda-beda.

  1. Pemanasan ( warming up )
Pemanasan bertujuan menyiapkan fisik dan psikis sebelum latihan.



Kagiatan latihan memiliki 3 halyang pokok yaitu:
  1. Warming up ( pemanasan )
Pemanasan sangat diperlukan untuk menyiapkan kondisi tubuh sebelum latihan inti dimulai. Dengan tujuan untuk mempersiapkan kondisi fisik dan mental guna mengjhadapi latihan yang akan di lakukan dan menghindari terjadinya cedera.

  1. Latihan inti
Dilakukan untuk melakukan program latihan yang telah di susun/disiapkan.

  1. Cooling down ( Penenangan )
Kegiatan ini bertujuan untuk memulihkan kondisi tubuh kedalam kondisi semula atau sebelum latihan, sehingga ketegangan2 otot akan berkurang secara berangsur-angsur dan kemungkinan terjadinya rasa sakit dapat di hindari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar